3 views

Tahu Ayah Selingkuh, Anak Bingung

0

Assalamu’alaikum. Wr Wb Saya mau minta solusi bagaimana dengan keadaan ayah saya yang seperti ini, apa yang harus saya lakukan. Saya tahu kalau ayah sekarang punya WIL, saya mengetahuinya karena tidak sengaja membuka HP ayah dan saya tahu sms-sms ayah yang sangat mesrah dengan WILnya. Tapi saya ngerasa nggak enak kalau langsung menegur ayah, karena saya nggak mau ayah malu terhadap saya, dan saya nggak mau sampai ibu dan adik saya tahu. Tolong solusinya pak kyai terimah kasih. Tolong no saya jangan dicantumkan.

Baca Juga : RUMAH ALLAH ATAU RUMAH BERHALA

Jawab:

Wa’alaikumsalam Wr. Wb. Perselingkuhan adalah hubungan pribadi di luar nikah, yang melibatkan sekurangnya satu orang yang berstatus nikah, dan didasari oleh tiga unsur: (1) saling ketertarikan (2) saling ketergantungan (3)  saling memenuhi secara emosional dan seksual. Perselingkuhan tidak selalu berarti hubungan yang melibatkan kontak seksual. Sekalipun tidak ada kontak seksual, tetapi kalau sudah ada saling ketertarikan, saling ketergantungan, dan saling memenuhi di luar pernikahan, hubungan semacam itu sudah bisa kita kategorikan sebagai perselingkuhan.

Ketika dalam kondisi yang demikian maka salah satu cara yakni mengingatkan dengan cara halus, karena bagaimanapun amar makruf nahi mungkar adalah tuntutan dari Allah, sekalipun hal tersebut terjadi pada orangtua kita, kita sebagai anak tetap berkewajiban untuk taat kepadanya, namun dalam masalah maksiat kepada Allah kita tidak wajib mengikutinya, sebagaimana hadits laa thooata limakshiyatil kholiq artinya janganlah kamu taat  sama seseorang yang tujuannya untuk bermaksiat kepada Allah.

Maka dengan cara ini misalkan kita tidak memberitahu  siapapuan maka harus tetap berusaha menjaga perasaan.  Dalam kasus ini, saudara bisa mengirim SMS kepada ayah, agar menghentikan perselingkuhannya. Katakan, tidak ada yang tahu masalah ini, dan saudara tidak akan menyebarkannya. Tapi mohon ayah agar tidak meneruskan perbuatan tersebut. Jangan lupa, doakan ayah saudara agar mendapat hidayah dari Allah SWT. (Media Ummat)

Comments are closed.