6 views

Pahala Menafkahi Keluarga

0

Wa maa anfaqtum min syai’in fahua yukhlifuhu, wa hua khoirurrooziqiin

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, niscaya Dia akan menggantinya, dan dialah sebaik-baik pemberi rizqi ”

Diinarun ‘anfaqtahu fii sabilillah, wa diinarun ‘anfaqtahu fii raqabah wa diinarun tashaddaqta bihii ‘alaa masaakiin wa diinarun anfaqtahu ‘alaa ahlika ‘a’dzomuha ajron alladzii anfaqtahuu ‘alaa ahlika

 Satu dinar yang engkau keluarkan di jalan Allah, lalu satu dinar yang engkau keluarkan untuk memerdekakan seorang budak, lalu satu dinar yang engkau keluarkan untuk satu orang miskin, dibandingkan dengan satu dinar yang engkau nafkahkan untuk keluargamu maka pahalanya lebih besar (dari amalan kebaikan yang disebutkan tadi )” (HR. Muslim ).

Baca Juga : MENGHIDUPKAN KEMBALI FUNGSI MASJID

Mengingat tentang pentingnya nafakah untuk keluarga Imam Nawawi merumuskan satu judul untuk hadits ini dalam kitabnya Syarh Muslim yaitu , “Keutamaan nafkah bagi keluarga dan hamba sahaya, serta dosa bagi orang yang melalaikan dan menahan nafkahnya untuk mereka”. Dalam Syarh Muslim, Imam Nawawi mengatakan, “memberi Nafkah kepada keluarga itu lebih utama dari sedekah biasa yang hukumnya sunnah”.

Keutamaan memberi makan keluarga

Maa ‘ath’amtha lnafsaka fahua laka shodaqah wa maa ‘ath’amta waladaka fahua laka shadaqah wa maa ‘ath’amta zaujataka fahua laka shodaqoh wa maa ‘ath’amta khoodimaka fahua laka shadaqah

“Apa yang engkau nafkahkan untuk makanmu, ia dinilai sebagai sedekah bagimu. Apa yang engkau nafkahkan untuk makan anakmu, ia dinilai sebagai sedekah bagimu. Apa yang engkau nafkahkan untuk makan istrimu, ia dinilai sebagai sedekah bagimu. Apa yang engkau nafkahkan untuk makan pembantumu, ia juga dinilai sebagai sedekah bagimu.” (HR. Ahmad)

Comments are closed.