Keunggulan Vaksin Moderna untuk Mencegah Virus Corona

Kesehatan

Kehadiran vaksin bagi virus corona sudah dinanti-nanti oleh semua orang di dunia. Saat kabar beberapa jenis vaksin akhirnya sudah mencapai uji fase ketiga, hal ini menjadi kabar baik dan membawa harapan bahwa masa pandemi akan segera berlalu. Dari beberapa vaksin yang mulai diproduksi salah satunya berasal dari perusahaan farmasi di Amerika Serikat bernama Moderna.

Saat ini, vaksin yang diproduksi perusahaan farmasi itu memang belum masuk Indonesia, tidak seperti Sinovac yang vaksinnya sudah masuk dan sedang diuji oleh para peneliti medis di Indonesia. Meskipun begitu, pemerintah Indonesia juga sudah bermaksud untuk memesan vaksin ini beserta beberapa jenis vaksin untuk corona yang lainnya. Lalu, apa saja keunggulan yang dimiliki oleh vaksin ini?

Memiliki Persentase Efektivitas yang Tinggi

Vaksin Corona Moderna Lakukan Uji Tes pada Anak-Anak

Dari beberapa jenis vaksin yang tengah dikembangkan di dunia, vaksin Moderna menjadi salah satu vaksin dengan tingkat efektivitas yang tinggi. Berdasarkan hasil uji klinis yang terakhir, vaksin ini memiliki tingkat efektivitas hingga 94,5%. Bahkan para pengembangnya yakin bahwa vaksin ini bisa 100 persen menangkal virus corona yang menyerang dan tengah menjadi pandemi saat ini.

Tingginya tingkat efektivitas dari vaksin ini dikarenakan Moderna membuat vaksin dengan menggunakan teknologi messenger RNA atau mRNA, sebuah teknologi baru yang digunakan untuk mengembangkan vaksin. Dengan teknologi ini, pengembang vaksin menggunakan mRNA sintetis yang mampu membuat protein di dalam tubuh melonjak hingga kemudian meningkatkan imun tubuh dan mendeteksi virus corona.

Sistem Imun yang Terbentuk Lebih Terfokus

Jika dibandingkan dengan vaksin lain, vaksin yang dikembangkan menggunakan teknologi mRNA ini bekerja lebih terfokus. Dengan begitu, vaksin Moderna bisa memberikan hasil yang lebih meyakinkan dengan persentase yang sangat tinggi. Selain Moderna, perusahaan farmasi lain di Amerika, Pfizer, memanfaatkan teknologi yang sama sehingga kedua vaksin ini di negeri Paman Sam sendiri tengah menunggu izin.

Tidak Memiliki Efek Samping yang Membahayakan

Ketika menggunakan vaksin banyak orang yang mengkhawatirkan adanya efek samping yang bisa membahayakan tubuh. Sejauh ini, efek samping yang ditimbulkan oleh vaksin dari Moderna tidak jauh berbeda dari efek samping yang biasa ditimbulkan oleh vaksin untuk penyakit lain. Di antara efek samping tersebut adalah sedikit pusing, nyeri otot, sakit dan ruam di bagian bekas suntikan dan lainnya.

Dengan efek samping ini maka kamu tidak perlu khawatir untuk menggunakan vaksin Moderna. Vaksin ini aman bagi tubuh, apalagi melihat efektivitasnya yang tinggi, menjadikan vaksin ini sebagai vaksin darurat yang sangat berguna. Setelah Asosiasi Makanan dan Obat-obatan Amerika memberikan izin penggunaan vaksin ini maka tidak menutup kemungkinan vaksin akan segera beredar di Indonesia juga.

Mudah Didistribusikan

Meskipun vaksin dari Moderna dan Pfizer sama-sama dikembangkan menggunakan teknologi mRNA, akan tetapi Moderna lebih mudah didistribusikan karena tidak perlu dibekukan dalam suhu yang sangat rendah. Hanya dengan suhu minus 20 derajat Celcius saja, vaksin ini sudah aman untuk ditransfer ke berbagai negara. Selain itu, untuk menyimpan pun hanya membutuhkan suhu kulkas pada umumnya, 2-8 derajat Celcius.

Berdasarkan semua keunggulan yang ditawarkan oleh vaksin Moderna, maka tidak heran banyak negara yang berharap untuk segera mendapatkan dan menguji vaksin ini. Jika kamu ingin tahu lebih banyak mengenai vaksin untuk virus corona dan perkembangannya, maka kamu bisa coba hubungi Halodoc melalui ponselmu. Bantuan medis apapun yang kamu butuhkan bisa didapatkan di aplikasi maupun situs Halodoc.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *