Kajian IslamiTauhid

Ya Allah, Ampuni Kami

Allah Maha Mendengar, Maha Menatap, dan Maha Menyaksikan kehidupan kita. Dialah Allah yang Maha Tahu  diri kita yang sebenarnya. Tiada yang tersembunyi bagi Allah yang Maha Agung. Dia tahu setiap lirikan mata kita. Dia tahu apa yang ada dalam benak pikiran kita. Dia Maha mendengar setia tutur kata kita. Dia Maha tahu orang-orang yang terluka hatinya karena kita. Dia Mengetahui setiap dusta yang kita lakukan.

Allah Mengetahui segala kebusukan hati kita. Riya di balik amal-amal kita. Sombong dan takabburnya diri kita. Segala kebencian yang ada dalam hati kita terhadap hamba yang mendapat rezeki-Nya.

Allah Mengetahui maksiat kita yang terang-terangan maupun yang sembunyi-sembunyi. Saat ini kita dihargai, bukan karena kemuliaan yang kita miliki, tapi  karena Allah menutupi aib dan kekurangan kita. Andai Allah membuka, maka tiada satupun yang menghalangi. Hanya Allah yang membuat kita masih dihargai orang lain. Amal kita yang kecil dan sederhana, Allah tampakkan pada orang lain, sehinga orang lain mengagumi, menghormati dan menghargai kita.

Kelak di akhirat tidak ada yang menyelamatkan kita kecuali karunia dan rahmat Allah. Mana amal yang kita miliki. Shalat jarang khusyuk, itupun hanya sisa waktu. Sedekah kita hanya dari uang sisa itupun kurang berharga. Puasa Ramadhan, juga hanya perut kita saja. Mata, lisan dan kita belum berpuasa.

Ya Allah, yang Maha Melihat, dan Maha Tahu setiap perbuatan manusia, ampuni dosa-dosa kami. Ampuni sebusuk apapun diri kami. Ampuni sebanyak apapun dosa yang melumuri tubuh kami. Ampuni maksiat kami.

Ya Allah ampuni maksiat mata kami. Jadikan mata ini yang selalu akrab dengan ayat-ayat-Mu. Jangan biarkan mata ini yang membuat hati kami mati. Jangan jadikan mata ini dekat dengan kemaksiatan. Ampuni maksiat telinga kami. Jadikan telinga kami akrab  dengan kebaikan.

Ya Allah, ampuni mulut kami. Ampuni jika mulut ini sering menyakiti ibu bapak kami. Jika hamba-Mu banyak yang tersakiti.  Jauhkan mulut kami dari kedustaan. Berilah kami lisan yang selalu basah dengan menyebut nama-Mu. Lisan yang menjadi cahaya ilmu bagi hamba-hamba-Mu. Lisan yang gemar berdo’a kepada-Mu dan diijabah do’a-do’anya.

Baca Juga : TOLERANSI SAHABAT NABI

Ya Allah, ampuni atas kemaksiatan tubuh kami. Ampuni jika tubuh ini pernah berbuat nista. Ampuni jika tubuh ini pernah dimasuki makanan haram.  Jadikan tubuh ini bersih sampai akhir hayat kami. Bersih dari makanan haram. Bersih dari segala kemaksiatan.

Ya Allah, ampuni kemaksiatan hati kami. Ampuni  jika kami sering berbuat takabur. Sering menghina dan merendahkan hamba-Mu. Ampuni jika kedengkian masih bersemayam dalam hati kami. Jauhkan dari diri kami kesombongan. Indahkan dengan hati yang tawadhu. Jauhkan dari riya dan pamer. Indahkan hati kami dengan hati yang ikhlas. Jauhkan hati kami dari kedengkian dan kebencian terhadap orang yang beriman. Indahkan dengan hati yang penuh  pemaafan dan kasih sayang. Berilah kami hati yang selalu ingat pada-Mu yang merasakan kehadiran-Mu, hati yang tidak berharap kecuali pada-Mu. Indahkan hati kami dengan hati yang merasakan bahagianya mencintai-Mu. Mencintai orang-orang yang mencintai-Mu.

Wahai Allah, hanyalah Engkaulah yang maha tahu kapan hidup kami berakhir. Jadikam umur yang tersisa ini bisa membahagiakan ibu bapak kami. Jadikan umur yang tersisa ini, bisa membangun keluarga yang sakinah, menjadi orangtua bagi anak-anak yang sholeh, menjadi hamba-Mu yang bermanfaat.

Ya Allah, selamatkan bangsa kami, selamatkan ummat-Mu ini. Jangan biarkan kami diperbudak nafsu. Jangan biarkan hidup kami ditipu oleh dunia ini. Jangan biarkan kami diperdaya oleh syahwat. Jangan biarkan kami terjerumus dalam kenistaan. Karuniakan pada kami kemuliaan hidup dengan cahaya ilmu-Mu. Karuniakan kepada kami para pemimpin yang baik dan adil. Para pemimpin yang sholeh.  Ya Allah, jika suatu saat hidup kami berakhir, terimalah taubat kami. Ampunilah dosa kami, berilah kami husnul khotimah. Amin (Media Ummat)

Tags
Show More

Related Articles

Close