Terlanjur Cerai Ingin Ruju’ Kembali

Assalamu’alaikum. Wr. Wb. Pak kyai saya mempunyai teman laki-laki yang sudah terlanjur mengucapkan talak pada istrinya. Dan sekarang masih dalam masa iddah dan orang tua pihak laki-laki terlanjur menyerahkan istrinya kepada orang tuanya. Sebab mereka terlanjur tidak suka dengan istri anaknya. Ternyata sekarang teman saya mau kembali lagi (ruju’) dengan istrinya. Mohon solusinya pak kyai bagaimana cara berbicara kepada pihak orang tua pihak laki-laki agar tidak menyinggung orang tua pihak perempuan? Terimakasih pak kyai.

Baca Juga : MEMAHAMI HATI ISTRI

Jawab :

Wa’alaikumsalam. Wr. Wb. Agama sudah mengajarkan agar kita tidak mudah terbawa emosi dan memikirkan dampak dari kata-kata yang kita ungkapkan. Jangan sampai kita menyesal di kemudian hari. Salah satunya adalah dalam urusan talak. Seringkali suami mengucapkan kata-kata talak hanya gara-gara ribut masalah sepele. Setelah ditalak, akhirnya bingung sendiri.

Ketika istri dinilai tidak taat, atau bersikap salah, agama sudah memberikan tuntunan.

Berbicara dan sampaikanlah dengan cara yang baik. Kita ketahui bersama bahwa cerai itu tidak baik, tidak dianjurkan dalam agama. Memang hukumnya sah, meskipun cerai termasuk dalam kategori hal yang tidak disukai oleh Allah SWT. Kalau memang teman saudari itu ingin kembali membina rumah tangganya. Maka silahkan untuk dibina dengan baik. Sampaikan permasalahan ini kepada orang tua dengan baik dan lembut. Aturlah sedemikian rupa bagaimana caranya agar orang tua itu bisa menyadari kondisi yang sedang dihadapi oleh anaknya. Dan hal ini membutuhkan waktu, membutuhkan tehnik dan berbagai macam cara. Mungkin bisa melalui pihak ketiga (orang lain) yang mempunyai hubungan kedekatan dengan orang tua untuk memberikan arahan, masukan dan kesadarannya.