0 views

Seputar Kesehatan Wanita

0

Sebab Penebalan Dinding Rahim

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Apa sebabnya terjadi penebalan dinding rahim dan bagaimana cara pencegahannya?

Jawab:

Waalaikum salam Wr. Wb. Mohon maaf saya kurang faham dengan pertanyan anda. Dalam kondisi tertentu dinding rahim mengalami penebalan. Secara normal penebalan dinding rahim memang terjadi yaitu saat sebelum menstruasi. Tapi penebalan tersebut hanya penebalan dinding rahim saja dan isi penebalan tersebut hanya darah dan bahan–bahan makanan calon janin.  Apabila di kemudian hari tidak terjadi pembuahan (tidak jadi janin) maka penebalan tersebut keluar dan jadilah darah menstruasi. Mungkin yang anda maksud penebalan dinding rahim secara keseluruhan ini disebut dengan mioma. Adapun sebab dari mioma ini belum diketahui secara pasti. Tapi untuk wanita yang hidupnya normal tidak melanggar agama insya Allah sulit terkena penyakit ini.

 

Saat Sujud Terkadang Keluar Angin

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Saya seorang wanita berusia 23 tahun, dan saya telah melahirkan 2 bulan yang lalu secara normal. Saat sujud terkadang keluar angin seperti kentut dari kemaluan. Kenapa bisa seperti itu dok? Sebelum melahirkan tidak pernah seperti itu, terima kasih.

Jawab:

Wa’alaikum salam Wr. Wb. Angin yang keluar dari lubang kemaluan itu terjadi karena rongga vagina berisi banyak angin dan angin ini mudah keluar saat anda sujud. Karena lubang vagina lebih mudah terbuka sehingga menyebabkan adanya angin yang keluar seperti kentut tersebut.

 Baca Juga : HUKUMAN KERAS BAGI PECANDU KHAMR

Ada Benjolan Lemak Jinak

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Dokter, maaf bokong saya ada benjolan katanya lemak jinak atau pulma, berapa biaya operasi kecil? Atau ada cara lain selain operasi?

Jawab:

Wa’alaikum salam Wr. Wb. Benjolan lemak tersebut kalau memang benar lemak namanya lipoma dan ini bisa membesar tapi tidak menimbulkan rasa sakit, penanganannya bisa dengan operasi kecil dan bisa dilakukan oleh dokter umum. Biayanya Insya Allah tidak terlalu mahal tergantung dari negosiasi dengan dokternya. Penanganannya hanya operasi saja tidak ada terapi yang lainnya.

 

Benjolan Tepatnya Di Atas Mata Kaki

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Dokter kaki saya ada benjolan tepatnya di atas mata kaki kira-kira 5 cm. Kalau kecapekan cekot-cekot pada benjolan dan kaki sampai paha sakit, pernah mau operasi tidak boleh sama suami, 1 tahun yang lalu sekarang terasa sakit lagi sebab naik sepeda. Bagaimana solusinya saya wanita 43 tahun.

Jawab:

Wa’alaikum salam Wr. Wb. Jadi benjolan tersebut kemungkinan tumor jinak di antara tumor jinak yang menimbulkan rasa sakit adalah tumor ganglion. Tumor ini tumbuh dari jaringan saraf oleh karena itu biasanya asal tumbuhnya pangkalnya agak ke dalam karena agak dalam makanya ketika operasi biasanya digunakan bius total. Tumor ini memeng bisa membesar tapi tetap jinak walaupun terkadang menimbulkan rasa sakit dan sebaiknya dioperasi saja agar tidak ada keluhan lagi.

Comments are closed.