Semua Makhluk Dikumpulkan dalam Satu Tempat

Sebagai mukmin, kita harus meyakini adanya hari kiamat. Hari kiamat dipenuhi berbagai peristiwa yang sangat mengerikan. Setelah dibangkitkan dari kubur, manusia akan dikumpulkan di sebuah tempat yang dikenal dengan mahsyar atau padang mahsyar. Meskipun ayat-ayat dan hadits-hadits yang menjelaskan akan adanya Mahsyar banyak jumlahnya, namun masih ada saja orang-orang yang mengingkari akan adanya Mahsyar.

Hal ini telah dikabarkan dalam Al-Qur’an, “Berkatalah orang-orang yang kafir; ”Apakah setelah kita menjadi tanah dan (begitu pula) bapak-bapak kita, apakah sesungguhnya kita akan dikeluarkan (dari kubur)? Sesungguhnya kami telah diberikan ancaman dengan ini dan (juga) bapak-bapak kami dahulu; ini tidak lain hanyalah dongeng orang dahulu kala”. (QS. An Naml: 67-68).

Semua Dikumpulkan

Manusia mulai sejak zaman Nabi Adam AS sampai manusia terakhir nanti akan dikumpulkan di padang mahsyar. Disebutkan dalam Al-Qur’an, “Katakanlah: “Sesungguhnya orang-orang yang terdahulu dan orang-orang yang terdahulu dan orang-orang yang terkemudian, benar-benar akan dikumpulkan di waktu tertentu pada hari yang dikenal.“ (QS. al-Waqi’ah: 49-50).

Dalam ayat lain disebutkan, “Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi, kecuali akan datang kepada Tuhan Yang Maha Pemurah selaku seorang hamba. Sesungguhnya Allah telah menentukan jumlah mereka dan menghitung mereka dengan hitungan yang teliti. Dan tiap-tiap mereka akan datang kepada Allah pada hari kiamat dengan sendiri-sendiri”. (QS. Maryam: 93-95).

Itulah sebagian dari ayat-ayat al-Qur’an yang menceritakan fenomena hari kebangkitan. Semua makhluk yang pernah hidup di jagad raya ini dibangkitkan oleh Allah setelah mereka semua mengalami kematian. Tidak satu orangpun, baik yang muslim maupun yang kafir, yang shaleh maupun yang tidak, yang taat atau yang tidak. Semua akan dibangkitkan lalu dihimpun di padang Mahsyar.

Baca Juga : KELEBIHAN SEDEKAH DI HARI JUMAT

Allah SWT telah berfirman, “Dan di antara ayat-ayat (tanda-tanda kekuasaan-Nya) ialah menciptakan langit dan bumi dan makhluk-makhluk yang melata yang Dia sebarkan pada keduanya. Dan Dia Maha Kuasa mengumpulkan semuanya apabila Dia menghendakinya.” (QS. as-Syuro: 29).

Sedangkan dalam hadits, disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Setelah kiamat terjadi, manusia dibangkitkan dan dikumpulkan dalam tiga golongan. Golongan pertama menggunakan kendaraan. Golongan kedua berjalan kaki. Golongan ketiga berjalan dengan muka dan wajah meraka. Beliau ditanya, ‘Bagaimana mereka bisa berjalan dengan muka dan wajah?’ Jawabannya, ‘Sesungguhnya Dzat yang telah menjalankan mereka dengan kaki mampu menjalankan dengan muka dan wajah.” (HR. Tirmidzi).

Maka bisa disimpulkan bahwa yang dikumpulkan di Mahsyar dengan berkendara adalah mukmin yang posisinya dekat dengan Allah. Sedangkan yang dikumpulkan dengan berjalan kaki adalah orang-orang muslim selain yang sangat dekat dengan Allah. Dan yang dikumpulkan berjalan dengan wajah muka dan wajah adalah orang-orang kafir”.

Di padang Mahsyar, semua makhluk akan dikumpulkan. Baik dari kalangan jin maupun manusia sejak yang pertama kali diciptakan, sampai akhir zaman nanti. Selain jin dan manusia, semua jenis binatang yang pernah ada di bumi ini, juga akan dikumpulkan di padang mahsyar. Masyaallah, sungguh suasana yang tidak bisa terbayangkan mengerikannya. Bagaimana tidak, semua makhluk yang jumlahnya tidak terkira banyaknya dikumpulkan dalam satu tempat. Apakah kita masih menjadi orang yang lalai?. (*)

Disarikan oleh Fahrurozi dari kitab At-Tadzkirah Fii Ahwaalil Mautaa wa Umuuril Akhirah  Halaman 161)