Adab & DoaAkhlaq

SABAR, SALAH SATU KUNCI SURGA

 Hikmah Sabar           

Sabar merupkan salah satu kunci keberhasilan dan kesuksesan seorang hamba agar meraih kebahagian dalam kehidupan di dunia yang fana ini maupun kebahagiaan yang abadi di surga kelak.Di dunia ini, sabar dapat digunakan sebagai sarana untuk memperoleh pertolongan dari Allah.Firman Allah SWT yang artinya:

Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al Baqarah:153)

Jadi supaya kita mendapat pertolongan dari Allah guna menghadapi cobaan hidup yang sangat berat ini, kita harus bersabar dan mengamalkan sholat.

Begitu juga di akherat, orang-orang mukmin yang masuk surga disebabkan karena mereka sabar ketika di dunia.

Para malaikat masuk ketempat-tempat mereka dari semua pintu sambil mengucapkan: keselamatan atasmu berkat kesabaranmu. Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu.” (QS. Ar-Ra’ad:23-24)

Jadi sabar adalah salah satu jalan seseorang yang ingin mendapatkan surga dari Allah SWT.

Baca Juga :

Manfaat Temu Ireng bagi Kesehatan

Adab Al- Jumu’ah (Hari Jum’at)

Menjaga Kaum Hawa dari Zina

Ciri Orang Sabar

Para ulama kita telah menyimpulkan bahwa sabar itu ada tiga macam yaitu:

a) sabar dalam menjalankan semua perintah Allah.

b) sabar dalam menjauhi semua larangan Allah.

c) sabar dalam menghadapi segala cobaan dan musibah.

Para sufi menambahkan yang termasuk dalam golongan orang sabar itu yakni sabar dalam meninggalkan hidup yang berlebih-lebihan.

Dengan demikian ciri-ciri orang sabar identik dengan kesabaran yakni tekun, selalu berhati-hati dalam bertindak, tegar dalam menghadapi kesulitan hidup serta hidup sederhana.

Berlatih Sabar

Salah satu cara latihan agar kita bisa menjadi orang sabar yang paling efektif adalah dengan berpuasa. Itulah sebabnya umat Islam diwajib kan berpuasa setiap tahun pada bulan Ramadhan yang disebut “BulanSabar”. Pahala puasa tidak ada hitungannya sebab disamakan dengan pahala sabar yang tidak terhingga.

Akan lebih baik lagi jika seseorang memperbanyak ibadah puasa sebab dijamin

sukses dalam melatih kesabaran untuk meraih sukses dan kebahagiaan hidup.

Hendaknya kita menyadari bahwa hidup ini memang ujian dari Allah. Apabila kita telah menyadari hal itu dengan sungguh-sungguh, Insya Allah kita akan dikaruniai sifat sabar. Berbahagialah orang yang lulus ujian hidup hasil dari kesabaran. Allah SWT akan langsung membalas orang-orang yang sabar dalam menghadapi ujian hidup dengan pahala yang berlipat-lipat.

Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS. Az-Zumar:10)

Sabar Dalam RumahTangga

Diantara hikmah kehidupan rumah tangga salah satunya adalah untuk melatih kesabaran. Membina rumah tangga  yang bahagia merupakan tugas mulia dari Allah dimana kita wajib untuk melaksanakannya dengan baik dan penuh tanggungjawab. Masing-masing suami dan istri punya kewajiban dan hak. Demikian pula dengan anak-anak. Tugas mulia yang diemban oleh keluarga memang berat, tapi Allah telah memerintahkan kita untuk mengemban misi mulia itu meski berhadapan dengan problematika hidup. Hanya dengan sabar, problematika kehidupan itu bisa teratasi, di samping kita harus berdoa kepada Allah agar memberi pertolongan kepada kita.Masalah rizqi, masalah pendidikananak, masalah ketentraman rumah tangga dan sebagainya Insya Allah dapat diselesaikan dengan kesabaran.Asalkan kesabaran itu diiringi dengan ikhtiar.

Tags
Show More

Related Articles

Close