Optimis dan Bangkit dari Keterpurukan

0

Al-Ba’its (Yang Maha Membangkitkan)

Al-Ba’its berasal dari kata ba’atsa yang maknanya berkisar pada “kebangkitan” (menuju suatu tempat), “menghidupkan” (kembali makhluk yang telah mati), atau “mengutus” (seseorang).

Imam Al Qurthubi menyimpulkan bahwa kata ini mengandung makna “menggerakkan yang diam dan menampakkan yang tersembunyi”.

Allah Al-Ba’its

Allah Al-Ba’its adalah Dzat Yang Maha membangkitkan. Al-Qur’an menyebutkan beberapa bentuk kebangkitan yang dilakukan Allah SWT. Pertama, Allah SWT membangkitkan manusia dari tidurnya, sebagaiman dalam ayat: “Dan Dialah yang menidurkan kamu di malam hari dan Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan pada siang hari, kemudian Dia membangunkan kamu pada siang hari untuk disempurnakan umur (mu) yang telah ditentukan, kemudian kepada Allah lah kamu kembali, lalu Dia memberitahukan kepadamu apa yang dahulu kamu kerjakan”. (QS. Al-An’am: 60)

Kedua, Allah SWT membangkitkan manusia dari dalam kuburnya, sebagaimana dijelaskan dalam ayat: “Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah apa yang di langit di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi, maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing)”. (QS. Az-Zumar: 68)

Ketiga, Allah SWT membangkitkan atau menghidupkan hati yang sudah mati. Tentang hal ini, Allah SWT berfirman: “Dan apakah orang yang sudah mati kemudian dia Kami berikan kepadanya cahaya yang terang, yang dengan cahaya itu dia dapat berjalan di tengah-tengah masyarakat manusia, serupa dengan orang yang keadaannya berada dalam gelap gulita yang sekali-kali tidak dapat keluar daripadanya? Demikianlah kami jadikan orang kafir itu memandang baik apa yang telah mereka kerjakan”. (QS. Al-An’am: 122)

Meskipun pemahaman mengenai Al-Ba’its terdiri dari tiga pengertian, namun para ulama cenderung memilih makna yang kedua; Allah SWT adalah Dzat yang membangkitkaaan  manusia dari alam kubur (di Hari Kiamat). Demikianlah Allah SWT sebagai Al-Ba’its.

Baca Juga : TANDA-TANDA ULAMA AKHIRAT

Pesan Sosial-Ekonomi Sifat Al-Bai’ts

Di balik asma Allah sebagai Al-Ba’its, pesan sosial yang terkandung di dalam asma-Nya itu adalah:

Semangat dan Optimisme Diri

Keyakinan terhadap Allah sebagai Dzat Yang Maha Membangkitkan, dapat menjadi sumber inspirasi untuk menumbuhkan semangat dan optimis dalam menghadapi kehidupan, dan menjalankan usaha.

Memotivasi Kemajuan bagi Orang Lain

Dengan dijiwai semangat Allah Al-Ba’its seorang mukmin bisa menjadi yang dapat memberikan sumbagsih dalam membantu orang lain untuk bangkit dan maju menjadi lebih baik.

Sumber Landasan Sikap dan Mental

. Tidak berputus asa.

. Antusias untuk merubah keadaan hidup menjadi lebih baik.

. Meningkatkan kualitas diri dengan memperdalam ilmu dan keahlian di bidang tertentu.

. Bekerja keras dan meningkatkan produktivitas.

. Mendayagunakan potensi diri untuk bisa membantu sesama yang tengah terpuruk atau kesusahan sesuai kemampuan yang ada.

Comments are closed.