1 views

Minta Kesabaran Diganti Keselamatan

0

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Nabi Muhammad adalah nabi pembawa rahmat kepada seluruh manusia. Maka dari itu sudah sepantasnya kita meneladani setiap tindak tanduk dan etika yang dipraktekkan oleh Rasulullah SAW. Seperti yang terjadi pada salah satu sahabatnya.

Pada suatu ketika Nabi Muhammad SAW berjalan di area kota Madinah. Beliau SAW  mendapati salah seorang sahabatnya sedang berduka karena ditimpa musibah dan mendengar sahabat itu  berdoa, “Ya Allah berikanlah aku kesabaran”.  Sejurus kemudian Nabi Muhammad SAW menegurnya, “Wahai kamu janganlah kau meminta sabar kepada Allah tapi katakanlah, “Ya Allah, aku ingin ampunanmu dan keselamatan”.

Baca Juga : MEMPERHATIKAN KEABSAHAN WUDHU

Mungkin sepintas kita akan merasa bingung mengapa Nabi Muhammad SAW menegur sahabatnya yang meminta kesabaran kepada Allah? Apabila kita telaah lebih dalam tentang hikmah kejadian di atas bagaimana Nabi Muhammad SAW tidak menganjurkan sahabatnya yang sedang terkena musibah untuk meminta sabar karena sabar erat kaitannya dengan musibah. Jadi, apabila kita meminta sabar itu secara tidak langsung kita meminta agar mendapatkan musibah karena tidak mungkin orang akan bersabar kalau tidak ada musibah.

Kemudian Nabi SAW melajutkan agar berdoa supaya dilimpahkan ampunan serta keselamatan karena kita tidak tahu apakah cobaan yang sedang menimpa kita merupakan sebuah  teguran atau hukuman dari Allah SWT. Maha Benar Allah beserta Rasul-Nya. (Media Ummat)

Comments are closed.