Lipat Ganda Pahala Shalawat

0

Membaca shalawat merupakan ibadah yang sangat istimewa. Pahala yang Allah berikan kepada mereka yang bershalawat juga dilipatgandakan. Sebagaimana disebutkan dalam hadits, “Barang siapa yang bershalawat kepadaku, sekali maka Allah akan membalasnya denan sepuluh rahmat.” Lalu, apa yang menjadikan shalawat sebagai ibadah yang istimewa dan pahalanya berlipat ganda?.

Dalam syarah Kitab Ihya Ulumiddin disebutkan, bahwa pahala bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW dilipatgandakan karena dalam bershalawat bukan hanya terdapat satu kebaikan tapi banyak kebaikan. Pertama, dalam bershalawat ada tajdiidul iman (pembaruan keimanan) kepada Allah. Kedua, terdapat pembaruan keimanan kepada Rasulullah SAW. Ketiga, terdapat pengagungan kepada Rasulullah SAW. Keempat, ada keyakinan tentang karomah (kemuliaan) bagi Nabi SAW. Kelima, terdapat pembaruan iman pada hari akhir dan berbagai macam karomah. Keenam, shalawat berarti dzikir (mengingat) Allah SWT.  Ketujuh, dalam shalawat menyebut orang-orang yang shaleh (nabi dan keluarganya) mendatangkan rahmat. Kedelapan, shalawat menampakkan rasa cinta  kepada Nabi dan keluarganya. Kesembilan, dalam shalawat terdapat akhlak yaitu tawadhu dalam berdo’a. Sedangkan do’a  adalah intinya ibadah. Kesepuluh, dalam shalawat terdapat pengakuan bahwa segala sesuatu ditentukan oleh Allah dan semua yang ada ini adalah milik-Nya. Dengan begitu, ketika bershalawat kita menyadari, meskipun nabi Muhammad SAW memiliki kedudukan yang sangat agung, namun Beliau SAW tetap membutuhkan rahmat dari Allah. Demikianlah sepuluh alasan kenapa shalawat pahalanya dilipatgandakan. Sekali bershalawat dibalas dengan 10 rahmat.

Baca Juga : KISAH TANGISAN WANITA BERIMAN

Shalawat bahkan merupakan dzikir yang paling utama. Dengan shalat seseorang dihitung sedang berdzikir kepada Allah. Tentang besarnya balasan dzikir telah disebutkan dalam sebuah riwayat hadits Qudsi,  Allah berfirman, “Jika hamba-Ku berdzikir kepada-Ku dalam dirinya (kesendirian), maka Aku akan menyebutnya dalam diri-Ku, dan jika ia berdzikir kepada-Ku dalam keramaian, maka aku akan menyebutnya dalam keramaian yang lebih baik.

Demikian halnya, jika ada seorang hamba-Nya yang berdzikir (bershalawat) kepada Nabi Muhammad SAW, Allah akan membalasnya dengan 10 rahmat, dan jika mengucapkan salam sekali, dibalasnya dengan sepuluh salam. Buklan hanya, itu Allah SWT juga memuliakannya dengan mengangkat derajatnya sepuluh derajat di surga, menghapuskan sepuluh keburukannya dan menulis sepuluh kebaikan untuknya. Demikian besarnya keutamaan shalawat dengan pahala yang sangat berlipat. Allahumma Shalli A’la Sayydina Wa Maulanaana Muhammad…

(Disarikan oleh Fahrurozi dari kitab Sa’adatuddaroin, Fi Assholaati Ala Sayyidil Kaunain, halaman 49-50)

Comments are closed.