Konsultasi Kesehatan

Untuk Menghilangkan Bintik-Bintik Hitam

Assalamu’alaikum Wr Wb. Saya mau tanya obat apa untuk menghilangkan bintik-bintik hitam yang ada di wajah saya dan bintik-bintik hitam ini mulai sy umur 11 tahun sampai sekarang? Mohon solusinya. Terima kasih. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Jawab:

Wa’alaikum salam Wr. Wb. Sebaiknya diperiksakan dulu untuk mencari penyebab munculnya bintik-bintik hitam tersebut,. Kalau bintik hitam tersebut adalah bawaan (tahi lalat) maka pengobatannya dengan tindakan / operasi ringan. Kalau penyebab munculnya akibat dari luka yang pernah dialami sebelumnya seperti bisul atau jerawat, maka bisa digunakan salep madicasol.

Ingin Badan Gede Berotot

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Dokter saya mau tanya, apa ada efek sampingnya kalau disuntik steroid? Soalnya anak saya usia 18 tahun, ikut fitnes dan ingin badannya bisa gede berotot lalu mau coba suntik steroid. Mohon penjelasannya dokter terima kasih. Wassalamu’alaikum.  Wr. Wb.

Jawab:

Wa’alaikum salam Wr. Wb.  Mohon maaf, suntik steroid itu memang ada dan itu termasuk kategori doping dan dilarang. Oleh karena itu, sebaiknya tidak menggunakan obat-obat seperti itu.

Minum Kopi Tiap Hari

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Saya ingin bertanya, bagaimana jika kita memiliki kebiasaan minum kopi instan setiap hari? Terima Kasih.

Baca Juga : ANEKA KHASIAT BUAH SURGA

Jawab:

Wa’alaikum salam Wr. Wb.  Minum kopi boleh-boleh saja asal tidak berlebihan dan tidak dijadikan minuman utama. Usahakan jangan sampai ketagihan. Kopi dibutuhkan hanya dalam kondisi tertentu saja, bahkan seandainya tidak mengkonsumsi kopi tetap kuat dan tahan lama setaminanya. Dibandingkan dengan kopi instan, akan lebih baik jika kopi buatan sendiri karena lebih bebas bahan kimia dan campuran.

Bangun Tidur Jantung Berdebar

Assalamu’alaikum Wr. Wb.  Dokter saya ingin tanya  saya ibu rumah tangga umur 47 tahun, kenapa ya tiap kali saya bangun dari tidur baik tidur siang ataupun malam jantung saya berdebar-debar, kepala pusing dan perasaan saya sangat gelisah dokter? Mohon penjelasannya. Terima Kasih.

Jawab:

Wa’alaikum salam Wr. Wb. Keluhan yang Anda sebutkan bisa diakibatkan karena adanya penyakit yang ada dalam tubuh yang belum ditangani secara komprehensif. Bisa diperiksakan ke dokter ada tidaknya kencing manis, kolesterol tinggi  atau gangguan jantung. Ini membutuhkan pengobatan yang lebih sempurna dari obat-obat yang digunakan sebelumnya.