Kasiat dan Manfaat Kencur

Bumbu Masak Berkhasiat

Di musim pancaroba dari musim panas ke musim penghujan seperti saat ini, banyak masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan. Wajar, masing-masing berbeda dalam beradaptasi dengan perubahan cuaca. Maka ada yang siap is’t oke, akan tetapi yang nggak ready akhirnya mengalami gangguan kesehatan. Mulai batuk ringan hingga ke batuk berat, dan berbagai penyakit seperti menurunnya kebugaran tubuh kita.

Bila anda mengalami gangguan kesehatan seperti batuk, jangan keburu ambil obat-obatan, coba dulu lihat di dapur, ada nggak yang bisa kita manfaatkan untuk meredam atau menghilangkan batuk kita! Salah satu bumbu dapur adalah jahe, dan kencur. Dengan jahe kita bisa manfaatkan sebagai penghangat tubuh. Sedangkan kencur, kita bisa manfaatkan sebagai obat batuk.

Kencur merupakan jenis tanaman herbal yang dapat dijadikan bumbu berbagai jenis masakan di Indonesia. Selain itu, khasiatnya bagi kesehatan juga tidak kalah baiknya. Tanaman ini juga memiliki kandungan minyak atsiri dan alkaloid. Beberapa jenis kandungan minyak atsiri yang ada di tanaman ini adalah Zat paraeumarin, Zat asam anisatsineol, Zat asam metil kanil, Zat pentadekaan, Zat asam sinamat, etil ester, borneol, kamphene, alkaloid dan juga gom.

Dalam dunia pengobatan, manfaat kencur telah terbukti dapat mengobati berbagai macam penyakit. Berikut beberapa resep tradisional menggunakan kencur.

Obat Mata Pegal

Ambil rimpang kencur 1  dibelah menjadi 2  kemudian gosokan kebagian kelopak mata.

Memperlancar Menstruasi

Bahan : 2 rimpang kencur, 1 lembar daun trengguli, 1 cengkeh tua dan tambahkan adas pulawaras seperlunya.

Caranya: Kencur diiris tipis lalu campur dengan semua bahan yang ada, direbus menggunakan 3 gelas air sampai airnya menyusut jadi 2 gelas lalu saring dan diminum 1 kali sehari (2 cangkir)

Sakit Radang Lambung

Kencur dikupas, dicuci kemudian dikunyah. Jika sudah mengeluarkan air silakan ditelan dan ampasnya dibuang, kemudian minum 1 gelas air putih agar tidak panas.

Baca Juga : Istri Amanah, Suami Tenang

Mengobati Batuk

Kencur dikupas, dicuci kemudian dikunyah, jika sudah mengeluarkan air silakan ditelan dengan ampasnya sekalian, kemudian minum 1 gelas air putih agar tidak panas.

Obat untuk Masuk Angin

Cuci bersih satu rimpang kencur, makan kencur bersama garam dapur lalu minumlah air hangat. Lakukan dua kali sehari untuk mencegah masuk angin.

Mengobati Keseleo

Satu rimpang kencur dicuci bersih. Rendam segenggam beras kemudian campurkan rimpang kencur. Tumbuk keduanya hingga halus. Balurkan pada bagian tubuh yang keseleo.

Mengobati Perut Mulas

Cuci satu rimpang kencur hingga bersih. Parut kencur tersebut lalu tambahkan dua sendok air masak dan sedikit garam. Lalu saring ramuan tersebut dan ambil airnya. Minum air tersebut 2-3 kali sehari

Mengobati Diare

Tumbuk dua rimpang kencur dengan dua siung barang merah sampai halus. Siapkan daun pisang dan bungkus ramuan yang sudah ditumbuk. Bakar sampai hangat ramuan tersebut. Oleskan ramuan tersebut pada bagian perut.

Beras Kencur
Di kalangan masyarakat Jawa jamu beras kencur serasa sudah tidak asing lagi. Tanaman kencur yang dipadukan dengan saripati beras ini menjadi minuman penyegar bernama beras kencur. Manfaatnya bisa menghilangkan rasa pegal-pegal plus menyegarkan badan. Minuman ini banyak dijual di pasar tradisonal dan penjajah jamu keliling. Sekarang, kita dapat dengan mudah membeli beras kencur tanpa harus bersusah payah membuatnya, karena di beberapa daerah telah memajang minuman ini sebagai buah tangan dalam bepergian. Misalnya dalam bentuk cair dan ekstrak bubuk yang siap konsumsi, siap seduh.

Jika anda ingin membuat sendiri di rumah, caranya mudah. Siapkan beras dan kencur sesuai kebutuhan. Jika menginkan rasa dan aroma yang berbeda, tambahkan dengan bahan-bahan lain, antara lain: biji kedaung, rimpang jahe, biji kapulogo, asam jawa, kayu keningar, kunyit, jeruk nipis, atau buah pala. Untuk pemanis, digunakan gula merah, dicampur gula putih atau gula batu. Semua tanpa bahan pengawet. Silakan mencoba dan semoga bermanfaat. *(M’Shoe)