Empat Alasan Cinta Allah

Seorang peserta kemah sufi nusantara bertanya, “Wahai guru, bukankah Allah itu tidak punya rupa dan apalagi juga belum pernah bertemu, apa mungkin seseorang jatuh cinta pada-Nya?”.

Putraku…

Ketahuilah cinta pada Allah itu bukan hanya keharusan syariat tapi bahkan tuntutan akal sehat.

Ada 4 alasan kenapa kita seharusnya sangat amat mencintai Allah.

Pertama, semua manusia mencintai diri sendiri, atas wujud dan kesempurnaannya. Jika demikian seharusnya ia sangat amat mencintai Allah, karena baik wujud dan kesempurnaan dirinya bergantung pada Allah.

Baca Juga : BELAJAR DARI KESABARAN NABI AYUB AS

Kedua, semua manusia mencintai orang yang banyak berbuat baik pada dirinya. Jika demikian seharusnyalah ia sangat amat mencintai Allah, karena hakekatnya tiada yang bisa berbuat baik selain Allah, manusia hanyalah perantara.

Ketiga, semua manusia mencintai sifat-sifat baik. Jika demikian seharusnya ia sangat amat mencintai Allah karena hanya Allah yang Maha Sempurna, adapun manusia betapapun baiknya pasti ada kekurangan dan cacatnya.

Keempat, semua manusia mencintai keindahan. Jika demikian seharusnya ia sangat amat mencintai Allah karena Dialah sang pemilik semua keindahan, sedang keindahan yang ada pada manusia dan semua makhluk hanyalah pinjaman belaka buktinya mereka tak bisa mempertahankannya. (Media Ummat)