Dua Mahkota Berbeda Di Hari Kiamat

0

Al Hafid Abdul Qosim Abdur Rohman Bin Mundah meriwayatkan dalam kitabnya, dari Mu’adz bin Jabbal bahwasannya Nabi SAW bersabda, “Allah SWT menyeru pada hari kiamat dengan suara lantang: “Wahai hamba-hamba-Ku, Aku Allah tiada Tuhan selain-Ku dan Aku adalah yang mengasihi ummat manusia serta menghisabnya dengan cepat. Wahai hamba-hamba-Ku hilangkanlah ketakutan di hari (kiamat) ini, dan janganlah bersedih, berikanlah semua alasan dan jawaban kalian karena sesungguhnya kalian adalah orang yang bertanggung jawab atas perbuatan kalian. Hai malaikat-Ku, jadikanlah mereka berkelompok agar mudah dalam hisab”.

Ad-Daar Quthni meriwayatkan dalam sunannya dari hadits Anas bin Malik, bahwa  Rasulullah SAW bersabda: “Pada hari kiamat akan didatangkan lembaran yang masih tertutup, maka Allah berkata: “Terimalah ini”. Para malaikat berkata: “Kita tidak melihat suatu kebaikan kecuali dari-Mu”. Allah berkata: “Dialah yang Maha Lebih Tahu. Tidak diterima suatu amal kecuali jika ia mengkhususkannya untuk-Ku (diriwayatkan  Imam Muslim dalam kitab shohihnya)

Baca Juga : HIKMAH DILARANG BERDUAAN DENGAN LAWAN JENIS

Dari At-Turmudzi dari Abu Huraiah dari Nabi SAW, beliau bersabda tentang firman Allah, “Ingatlah hari (yang di hari itu) kami panggil tiap ummat dengan pemimpinnya. Barang siapa yang diberikan kitab amalannya di tangan kanannya maka mereka ini akan membaca kitabnya itu, dan mereka tidak dianiaya sedikitpun. Pada hari itu seorang akan dipanggil dan diberikan dengan tangan kanannya hingga tubuhnya memanjang sekitar tujuh puluh lengan (70 m), wajahnya bersinar yang mana diletakkan sebuah mahkota dari perhiasan yang bersinar di atas kepalanya, ia pun lantas pergi ke keluarganya dan memperlihatkannya. Mereka pun berkata, “Ya Allah, berikan hamba seperti apa yang ia peroleh dan berkahilah kita dalam hal ini sehingga kami dapat mendatangi kelompok kami.

Nabi SAW pun mengatakan: “Adapun orang kafir itu akan menghitam wajahnya hingga badannya memanjang 70 meter layaknya rupa Nabi Adam. Ia mengenakan sebuah mahkota dari api hingga ia menyeru ke keluarganya. Maka merekapun mengatakan, ”Ya Allah, jauhkanlah kami dari kejelekan ini, dan iapun mengatakan Allah telah menjauhi kalian, karena setiap dari kalian akan mendapatkan hal yang serupa.

Ibrahim Bin Adham mengatakan: Setiap anak Adam mengenakan kalung di lehernya dimana di dalamnya tertulis semua perbuatannya. Jika ia telah mati maka kalung itu akan dilipat, dan ketika ia dibangkitkan maka akan dibuka kembali. Dan dikatakan kepadanya (yang memakai kalung) bacalah kitabmu, cukuplah dirimu sendiri pada waktu ini sebagai penghisab terhadapmu”.

(Disarikan dari Kitab At-Tadzkirah Fi Ahwalil Mauta Wa Umuril Akhirah)

Comments are closed.