0 views

Ciri Khas Seorang Sufi

0

Ciri Seorang Sufi

Hakikat ihsan adalah seorang hamba menyembah kepada Tuhannya seakan-akan dia melihat-Nya.

Imam Jalalal-Mahalli menyatakan bahwa hakikat ihsan adalah muraqabah kepada Allah SWT dalam berbagai ibadah yang meliputi iman dan Islam, sehingga seluruh ibadah seorang hamba mencapai kesempurnaan, seperti ikhlas, dan lain-lain. (Tanwir al-Qulub, hlm. 86)

3 Macam Wara’

Wara’ ada tiga macam; wara’ orang awam yaitu tidak berbicara kecuali dengan Allah, baik dalam keadaan senang atau tidak. Wara’ orang khosh adalah dengan menjaga semua anggota tubuh dari kemurkaan Allah. Wara’ orang akhosh yaitu dengan (menjaga) semua kesibukannya agar diridhai oleh Allah. (Jami’ al-Ushul fi al-Auliya’, hlm. 76)

Perilaku Seorang Sufi

Menurut Imam Qusyairi dalam kitabnya ar-Risalah al-Qusyairiyah hal. 126-127 ciri-ciri kepribadian dan perilaku seorang sufi dibagi menjadi dua yaitu:

  • Seorang sufi shadiq: merasa miskin setelah memperoleh kekayaan, merasa hina setelah mendapatkan kemuliaan, dan menyamarkan dirinya setelah terkenal.
  • Seorang sufi kadzib: merasa kaya akan harta sesudah faqir, merasa mulia setelah hina, merasa terkenal yang mana sebelumnya dia tidak masyhur.

Dalam Jami’ al-Ushul fi al-Auliya’ halaman 369 disebutkan bahwa seorang sufi adalah orang yang tidak memiliki apa-apa, serta tidak dikuasai oleh siapapun. Dikatakan bahwa seorang sufi adalah orang yang tidak memiliki sesuatu, dan tidak pula dimiliki oleh apapun. (Jami’ al-Ushul fi al-Auliya’, hlm. 329)

Comments are closed.